Monday, October 22, 2007

Pengawasan dan pencegahan dini

Dimuat KOMPAS Jateng tanggal 24 September 2007

Awal bulan September Sekolah kami mendapatkan edaran tentang daftar minuman yang berbahaya. Edaran dikeluarkan di Jakarta tanggal 10 Agustus 2007 oleh Bgrigadir 2 Infantri marinir merupakan pentuk pencegahan dini.
Meski bukan badan resmi dari negara yang melakukan pengawasan dan memberi ijin beredarnya makanan dan minuman di tanah air, namun informasi tersebut mengandung nilai penting.
Dijelaskan ada 42 daftar minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Sebab mengandung siklomat penyakit lupus yang merusak antibody dan belum ada obatnya.
Hemat saya ada tidaknya edaran sebagai orang tua kita harus selalu waspada dengan pengawasan dan pencegahan dini. Apapun yang dikonsumsi anak-anak kita meski sudah mendapatkan ijin produksi dari Pemerintah karena belum tentu baik dan sehat. Sebab setiap produk makanan dan minuman kemasan akan mempunyai efek samping.
Sudah banyak kasus keracunan makanan dan minuman di area sekolah.Oleh karena itu menjadi tugas bersama untuk proaktif guna melakukan pengawasan dan pencegahan apapun jenis makanan dan minuman yang beredar di sekitar kita. Sebab sehat itu mahal harganya.

FX Triyas Hadi Prihantoro
SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta

No comments: